Selasa, 24 November 2015

Pengenalan 5R

                   Jika anda sudah pernah bekerja didunia manufacture, pasti mengenal 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. 5R adalah budaya kita dalam dunia sehari-hari kita tuang kedalam pekerjaan. contoh, anda tentu tidak perlu dibilangin lagi harus menyikat gigi, mandi atau buang sampah pada tempatnya dan lain-lain. karena itu sudah menjadi kebiasaan/habits. kebiasaan yang buruk harus kita buang dan kita ganti menjadi kebiasaan yang baik.



1. Untuk R1 yaitu Ringkas,
RINGKAS berarti memisahkan barang-barang yang diperlukan dan tidak diperlukan,dan singkirkan yang tidak diperlukan di area kerja
Untuk ringkas kita paling susah untuk melakukan, karena biasanya kita merasa barang ini masih dibutuhkan jadi simpan dulu, nanti suatu saat dibutuhkan. Tapi sampai kapan?? 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun?
Contoh: saya punya celana ukuran no.32, karena tambah gemuk saya ganti celana ke no.34, yang no.32 saya simpan karena berasumsi nanti klw saya kurus dikit lg bisa pakai lagi ke no.32 , tapi boro-boro tambah kurus malah tambah gemuk.


2. Untuk R2 yaitu Rapi,
RAPI. Berarti menyusun dan mengatur semua barang yang diperlukan sesudah ringkas, dengan cara yang rapih.
Semua barang yang kita perlukan sudah dipilah-pilah, tapi barang nya kita simpan tidak tahu dimana, ada sih di box container, tapi box yang mana?? jadi untuk membantu nya kita bisa membuat daftar isi di box, agar lebih gampang dicari saat dibutuhkan.

 3. Untuk R3 yaitu Resik,
RESIK berarti mempertahankan kebersihan mesin, peralatan kerja dan tempat kerja dari segala kotoran.
Resik disini sangat simple yaitu semua alat/barang keliatan menjadi kinclong.
 

 
 4. Untuk R4 yaitu Rawat,
RAWAT berarti mempertahankan hasil-hasil yang dicapai pada penerapan Ringkas, Rapi dan Bersih secara konsisten.
Keuntungan kegiatan Rawat adalah : Setiap kerusakan atau kondisi abnormal dapat segera diketahui dan dilakukan penanggulangan secara cepat.
 
 



5. Untuk R5 yaitu Rajin,
RAJIN berarti membentuk disiplin diri dan membiasakan menjalankan 5R sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
Rajin disini berarti kita harus rutin dan continyu menjalankan R1-R4 dari Ringkas sampai Rawat.



2 komentar: