Selasa, 13 Oktober 2015

Emas Vs Reksadana Vs Deposito

           Topik tulisan saya kali ini tentang Emas Vs Reksadana Vs Deposito, walaupun saya bukan lulusan ekonomi saya tetap concern dengan keuangan saya. berbagai investasi yang sudah saya pernah punya adalah:
1. Emas Antam
2. Reksadana
3. Deposito
 Pengennya sih kalau sudah cukup akan saya belikan rumah, saya akan bahas ketiga nya sepengetahuan saya dan hasil cari-cari di mba google. Sebelum saya investasi saya selalu mencari tahu tentang resiko dan kelemahan dari produk-produknya. seperti kutipan orang ternama "Invest your time before invest your money". 
1. Emas
Investasi ini saya lakukan awal tahun 2010, setiap ada duit selalu saya beli emas, saya beli yang 10 gram. keunggulan investasi ini :
  • Emas mudah didapat dan mudah dijual, tinggal kepasar, ke mall atau ke pegadaian. Emas instrument yang sangat liquid (mudah dijual dan dibeli)
  • Banyak pecahan, ada pecahan 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan lain-lain
  • Tidak busuk (karat atau yang lainya)
Kekurangan investasi emas :
  • Penyimpanannya susah, kalau dibawa-bawa terus takut jatuh, ditinggal takut di colong 
  • emas tidak bisa menghasilkan passive income
  • emas tidak bisa menambah kaya, cuma sebagai pelindung dari inflasi 
Untuk modal pernikahan ditahun 2014 saya jual semua, dan sebagian saya belikan ke Reksadana.

2. Reksadana 
            Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.
Contoh simpel nya begini: 
Bunga uang Rp. 1 milyar = 20%setahun, bunga uang Rp. 1 Juta=4.5% setahun. ada dua cara untuk agar kita dapat besar bunga 20% setahun. 
- yang pertama, kita kumpulin duit sampai Rp. 1 milyar agar bisa mendapat bunga 20% setahun atau cara,
- yang kedua , beramai-ramai kita ngumpulin duit agar terkumpul Rp. 1 milyar, sehingga dapat bunga 20% setahun.
Kalau pilihan kita no dua, itulah yang disebut dengan Reksadana, yang jadi pertanyaan. siapa yang ngumpulin dan mengelola nya????
Yang mengelolanya kita sebut Manajer Investasi, dan tempat untuk menyimpan uang nya disebut bank Kustodian. Dimana antara manajer investasi dan bank kustodian tidak beraffiliasi. Dan Reksadana diatur oleh OJK.
keunggulan investasi ini :
- pembeliannya mudah bisa lewat internet banking
- terdiversifikasi investasi, dan kita bisa memilih sendiri investasi nya
- Liquid , mudah dicairkan
kekurangan investasi ini:
- nilai reksadana nya bisa turun
- tidak ada passive income

3. Deposito
        Deposito adalah investasi favorite oleh kebanyakan orang. karena deposito bisa memberikan passive income, sehinga orang senang dengan investasi jenis ini.
keunggulan investasi ini :
- Aman 
- Memberikan Passive Income, berupa bunga
- Sanggt Liquid, kapan saja dibutuhkan bisa dicairkan

Kekurangan investasi deposito :
- bunga tidak bisa menandingi inflasi, sehingga nilai deposito kita tergerus oleh inflasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar